Laman

Selasa, 06 Desember 2011

Perangkat Komputer

1.      Modem

           Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinyaldigital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya.Dewasa inimodem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem. Dengan adanya fasilitasvoice modem ini, merubah fungsi modem bukan hanya sebagaipenyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapatmenjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video.
2.      Hub















Fungsi hub:
 memfasilitasikan penambahan, penghilangan atau pemindahan
- workstation. menambah jarak network (fungsi sebagai repeater)
- menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda
- (Ethernet, Token Ring, FDDI). menawarkan feature yang fault
- tolerance (isolasi kerusakan) memberikan manajemen service yang
- tersentralisasi (koleksi informasi, diagnostic)
central connection point.

3.      Repeater

                           

            REPEATER berfungsi untuk penguat sinyal dari kabel , misalnya pada sebuah jaringan LAN dengan topologi start yang menggunakan kabel UTP .

4.      Router




            Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
Analogi Router dan Switch
            Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN.
            Router sangat banyak digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis itu disebut juga dengan IP Router. Selain IP Router, ada lagi AppleTalk Router, dan masih ada beberapa jenis router lainnya. Internet merupakan contoh utama dari sebuah jaringan yang memiliki banyak router IP. Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Router juga kadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring.
            Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line seperti T1, atau T3, sering disebut sebagai access server. Sementara itu, router yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL disebut juga dengan DSL router. Router-router jenis tersebut umumnya memiliki fungsi firewall untuk melakukan penapisan paket berdasarkan alamat sumber dan alamat tujuan paket tersebut, meski beberapa router tidak memilikinya. Router yang memiliki fitur penapisan paket disebut juga dengan packet-filtering router. Router umumnya memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang mampu memperlambat kinerja jaringan.

5.      NIC



berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.


6.      Bridges




            BRIDGE berfungsi untuk membagi sebuah jaringan hingga menjadi dua buah jaringan . BRIDGE mengatur informasi diantara kedua sisi network agar dapat berjalan dengan teratur .
7.      Akces Point


              Fungsi access point adalah sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel para client



8.      Switch

               
            Digunakan untuk menghubungkan banyak terminal komputer yang berbeda bersama-sama, dalam Local Area Network (LAN). Jaringan switch adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan banyak komputer satu sama lain. Tujuan dari membuat koneksi berkualitas tersebut transfer data dan informasi antara berbagai terminal di LAN.

9.      Kabel UTP



               
untuk mendukung komunikasi suara analog, untuk mentransmisikan data digital di dalam jaringan komputer, mendukung komunikasi data dan suara digital, menghubungkan node-node dalam jaringan dengan teknologi Token Ring dari IBM, mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 10 megabit per detik, untuk mendukung komunikasi data dan suara hingga kecepatan 16 megabit per detik, mendukung jaringan Ethernet 10BaseT, dll.
10.  RG 45


                    

            Sebelum nama RJ45 digunakan untuk merujuk pada konektor jaringan komputer, RJ45 awalnya sebuah Telepon hanya standar-. It is one of the many registered jacks , like RJ11, another telephone standard. Ini adalah salah satu dari banyak jack terdaftar , seperti RJ11, standar telepon lain. As a registered jack, telephone RJ45 specifies the physical male and female connectors as well as the pin assignments of the wires in a telephone cable. Sebagai jack terdaftar, telepon RJ45 menentukan konektor laki-laki dan perempuan fisik maupun tugas pin dari kabel dalam kabel telepon. The original RJ45 uses a special [ 1 ] [ 2 ] keyed 8P2C modular connector, with Pins 5 and 4 wired for tip and ring of a single telephone line and Pins 7 and 8 connected to a programming resistor. The RJ45 asli menggunakan khusus 8P2C memasukkan konektor modular, dengan pin 5 dan 4 kabel untuk ujung dan cincin saluran telepon tunggal dan pin 7 dan 8 terhubung ke resistor pemrograman. It is meant to be used with a high speed modem, and is obsolete today. Hal ini dimaksudkan untuk digunakan dengan modem kecepatan tinggi, dan usang hari ini.
Telephone installers who wired telephone RJ45 jacks were familiar with the pin assignment which was part of the RJ45 standard.            Telepon installer yang kabel telepon jack RJ45 akrab dengan tugas pin yang merupakan bagian dari standar RJ45. However, near-identical physical connectors for computer networking became ubiquitous, and informally inherited the name RJ45 due to the overwhelming similarity. Namun, konektor fisik yang hampir sama untuk jaringan komputer menjadi mana-mana, dan informal mewarisi nama RJ45 karena kemiripan yang luar biasa. While telephone RJ45 uses a "keyed" variety of the 8P body, meaning it may have an extra tab that a computer RJ45 connector is unable to mate with, the visual difference from an Ethernet 8P is subtle. Sementara telepon RJ45 menggunakan "memasukkan" berbagai 8P tubuh, yang berarti mungkin memiliki tab tambahan bahwa komputer konektor RJ45 tidak dapat kawin dengan, perbedaan visual dari 8P Ethernet halus.
            The only other difference is the presence of extra conductors in the cable, which cannot be seen without very close inspection. Satu-satunya perbedaan lain adalah adanya tambahan dalam konduktor kabel, yang tidak dapat dilihat tanpa pemeriksaan sangat dekat. True telephone RJ45 connectors are a special variant of 8P2C, meaning only the middle 2 positions have conductors in them, while pins 7 and 8 are shorting a programming resistor. Benar telepon RJ45 konektor adalah varian khusus 8P2C, yang berarti hanya posisi 2 memiliki konduktor di tengah mereka, sementara pin 7 dan 8 adalah shorting sebuah resistor pemrograman. Computer RJ45 is 8P8C , with all eight conductors present. Komputer RJ45 adalah 8P8C , dengan semua delapan konduktor hadir.
Understandably, because telephone RJ45 8P connectors never saw wide usage and computer 8P connectors are quite well known today, RJ45 is used almost exclusively to refer to Ethernet -type computer connectors.            Dimengerti, karena telepon 8P konektor RJ45 tidak pernah melihat penggunaan yang luas dan komputer 8P konektor yang cukup terkenal saat ini, RJ45 digunakan hampir secara eksklusif untuk mengacu pada Ethernet komputer tipe konektor. Electronics catalogs not specialized to the telephone industry advertise 8P8C modular connectors as "RJ45". Elektronik katalog tidak khusus untuk industri telepon mengiklankan konektor 8P8C modular sebagai "RJ45". Virtually all electronic equipment that uses an 8P8C connector (or possibly any 8P connector at all) will document it as an "RJ45" connector. Hampir semua peralatan elektronik yang menggunakan konektor 8P8C (atau mungkin ada konektor 8P sama sekali) akan dokumen itu sebagai konektor "" RJ45. In common usage, RJ45 also refers to the pin assignments for the attached cable, which are actually defined in the wiring standard TIA/EIA-568-B . Dalam penggunaan umum, RJ45 juga mengacu pada tugas pin untuk kabel terpasang, yang didefinisikan dalam kabel standar TIA/EIA-568-B .
A locking boot for RJ45 Modular Plugs was developed to prevent inadvertent disconnects in mission critical facilities.            Sebuah boot penguncian untuk RJ45 Modular Plug dikembangkan untuk mencegah sengaja memutus fasilitas dalam misi kritis.

11.  Kabel Fiber Optik


          

Kabel Fiber optic adalah sebuah kabel yang terbuat dari serat kaca dengan teknologi canggih dan mempunyai kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada kabel biasa, biasanya fiber optic digunakan pada jaringan backbone (Tulang Punggung) karena dibutuhakan kecepatan yang lebih dalam jaringan ini,namun pada saat ini sudah banyak yang menggunakan fiber optic untuk jaringan biasa baik LAN, WAN maupun MAN karena dapat memberikan dampak yang lebih pada kecepatan dan bandwith karena fiber optic ini menggunakan bias cahaya untuk mentransfer data yang melewatinya dan sudah barang tentu kecepatan cahaya tidak diragukan lagi namun untuk membangun jaringan dengan fiber optic dibutuhkan biaya yang cukup mahal dikarenakan dibutuhkan alat khusus dalam pembangunannya.

Penyambungan
Untuk penyambungan kabel fiber optik dibutuhkan alat khusus yang bernama FUSION SPLICER alat ini yang digunakan untuk menyambung dua ujung fiber optic dengan menggunakan panas alat ini butuh ketelitian yang sangat tinggi, alat ini dilengkapi dengan alat pengukur karena setiap ingin menyambung dua sisi FO harus diukur terlebih dahulu dan ukurannya harus sama antara ujung A dan ujung B dan kedua ujung FO harus benar2 bersih (biasanya digunakan alcohol 95% dan tisu untuk membersihkan ujung FO yang sudah dikupas) karena apabila ada kotoran sedikit saja maka FUSION SPLICER tidak akan bisa digunakan alias menolak untuk melakukan penyambungan.
 informasi yang dibawa dengan melakukan regenerasi timing, regenerasi pulse serta konversi sinyal elektrik ke dalam interface V.28 yang berupa sinyal digital dan sebaliknya.
12.  Kabel Coaksial


                      
Kabel koasial terdiri atas konduktur silindris melingkar yang mengelilingi sebuah kabel tembaga inti yang konduktif. Kabel koaksial dapat di gunakan tanpa banyak membutuhkan bantuan repeater sebagai penguat untuk komunikasi jarak jauh.
Kabel koaksial memiliki ukuran beragam. Diameter yang besar memilik transmisi panjang dan menolak noise. Nama Lain dari Kabel ini adalah "thicknet". Kabel ini sangat popular untuk LAN karena memiliki bandwith yang lebar, sehingga dapat Anda gunakan untuk komunikasi broadband (multiple channel). Contoh kabel koaksial dalam kehidupan sehari-hari yaitu: kabel tv, thin10Base5 yang biasanya digunakan untuk kabel backbone pada instalasi jaringan antar gedung.
Kabel koaksial mempunyai beberapa karakteristik, yaitu :
1.          Kecepatan dan keluaran 10 - 100 MBps
2.          Biaya Rata-rata per node murah
3.          Media dan ukuran konektor medium
4.          Panjang kabel maksimal yang di izinkan yaitu 500 meter (medium)
Jaringan dengan menggunakan kabel koaksial merupakan jaringan dengan biaya rendah, tetapi jangkauannya sangat terbatas dan keandalannya juga sangat terbatas. Kabel koaksial pada umumnya digunakan pada topologi bus dan ring.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar