Laman

Kamis, 05 Januari 2012

Media Pembelajaran Dengan Komik

Dewasa ini, perkembangan media pembelajaran sangat berkembang. Mulai dari media pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi, seperti e-learning, sampai dengan media pembelajaran dengan menggunakan alat peraga. Komik, kita kenal sebagai salah satu buku bacaan yang digemari oleh anak-anak, remaja sampai dengan dewasa sekalipun. Ceritanya pun bermacam-macam, mulai dari tokoh kepahlawanan, tokoh yang bersifat komedi sampai denganyang berbau romantisme cinta. Namun bagaimana jika media pembelajaran disampaikan melalui komik ?
 

Tentu tidak ada yang  salah dengan hal ini. Media Jepang, sudah memulainya sejak beberapa tahun yang lalu. Seperti yang diceritakan oleh salah satu pakar IT, yaitu Romi Satrio Wahono. Beliau menceritakan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan media komik sudah dimulai sekitar tahun 1990-an. Bahkan komik pembelajaran tersebut sudah masuk ke dalam topic pembelajaran yang berkaitan dengan teknologi informasi.
Bagaimana dengan Negara USA ? Mereka juga sudah memulainya. Bahkan beberapa departemen Perbankan di USA yaitu Federal Reserve Bank Of New York, sudah mengeluarkan beberapa komik yang berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan Ekonomi. Seperti cerita tentang asalnya Uang, kemudian tentang Foreign Trade and Exchange, inflasi sampai dengan hal-hal yang berkaitang dengan e-commerce.


Hal ini dimaksudkan agar kita sebagai pembaca dapat lebih mudah memahami pembelajaran tersebut. Dibandingkan hanya dengan membaca tulisan, tentu kita lebih mudah memahami sesuatu jika kita memahami lewat gambar. Bagaimana dengan komik pembelajaran di Indonesia ? Mungkin saat ini komik pembelajaran yang ada masih lebih banyak diperuntukkan bagi murid-murid TK ataupun SD. Masih jarang sekali komik pembelajaran yang diperuntukkan bagi remaja maupun dewasa. Atau mungkin sudah ada ? Kita masih belum tau.. Kita tunggu saja.  Jika media ini sudah berkembang, jangan kaget jika melihat banyak orang dewasa yang masih suka membaca komik. Tidak ada salahnya bukan ?
Anda bisa mendownload dengan gratis, contoh komik-komik pembelajaran dari Federal Reserve Bank Of New York di alamat  http://www.newyorkfed.org/publications

Tidak ada komentar:

Posting Komentar